Menguak 7 Fakta Unik Bersin yang Mungkin Belum Anda Ketahui - sibaim

Hot

Post Top Ad

Rabu, 20 Juni 2018

Menguak 7 Fakta Unik Bersin yang Mungkin Belum Anda Ketahui


Bersin sebenarnya bertujuan mengeluarkan benda asing yang bersarang di dalam saluran pernapasan. Meski begitu, gaya bersin masing-masing orang tidak selalu sama, ada yang bisa bersin dengan tenang, sementara yang lainnya bersin dengan mengeluarkan suara yang unik. Selain itu, ternyata masih banyak fakta bersin lainnya yang unik dan menarik untuk Anda ketahui. Apa saja, ya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Beragam fakta bersin unik dan menarik yang mungkin belum Anda sadari 

1. Bersin itu refleks

Hidung gatal, alergi, atau bau makanan yang menyengat adalah beberapa hal yang menyebabkan Anda bersin. Namun pada dasarnya, bersin dipicu oleh hal yang sama, yakni refleks tubuh. Ya, alasan utama Anda bisa bersin karena tubuh bereaksi terhadap berbagai hal penyebab bersin.

Ketika debu, serbuk sari, atau bulu binatang masuk ke dalam hidung, maka otak menerima sinyal untuk menyingkirikan “benda asing” ini. Kemudian tubuh akan bereaksi dengan menarik napas panjang dan menahannya sehingga menyebabkan otot-otot di dada mengencang .

Tekanan ini secara tidak sadar akan membuat lidah Anda menempel ke bagian atas mulut, lalu udara pun keluar dengan cepat dari hidung bersamaan dengan Anda melepaskan napas. Akhirnya, inilah yang mengakibatkan Anda bersin. 

2. Jantung tidak berhenti berdetak saat sedang bersin

Mungkin Anda pernah mendengar segelintir orang yang bilang kalau saat bersin, maka jantung akan berhenti berdetak. Padahal sebenarnya, ritme serta denyut jantung hanya akan melambat secara alami akibat bersin.

Hal ini terjadi karena tarikan napas dalam yang dilakukan sebelum bersin, membuat tekanan saraf dan otot di dada berubah. Itu sebabnya, aliran darah akan ikut berubah yang kemudian memengaruhi ritme dan denyut jantung. 

3. Bersin untuk “mengatur ulang” rongga hidung
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of Pennsylvania, menyimpulkan bahwa bersin dilakukan saat rongga hidung disetel ulang

Pasalnya, bersin mampu mengatur ulang lingkungan yang ada di dalam saluran hidung sehingga partikel-partikel asing yang dihirup melalui hidung akan terperangkap dan kemudian keluar melalui bersin. 

4. Mata secara otomatis tertutup saat bersin

Nampaknya hampir setiap orang pasti menutup matanya saat bersin. Bahkan ada yang mengatakan kalau mata terbuka saat bersin, maka mata bisa saja keluar. Hal ini tentu saja tidak benar.

Sudah secara alamiah mata akan menutup tanpa disengaja ketika bersin, dan sulit bila ingin dipaksakan terbuka. Mengapa? Karena ketika otak menerima sinyal untuk bersin, maka mata juga akan menangkap sinyal untuk segera menutup.

Itu sebabnya, sekeras apapun usaha Anda untuk tidak menutup mata, akhirnya mata tetap akan tertutup juga. 

5. Bersin tidak akan terjadi saat tidur

Coba Anda ingat-ingat kembali, pernahkah Anda bersin ketika sedang tidur? Ya, bersin memang tidak pernah terjadi saat tidur. Pasalnya, ketika seseorang tertidur maka seluruh saraf dalam tubuh akan ikut beristirahat. Itu artinya, saraf yang memicu timbulnya bersin pun tidak akan bekerja selama Anda tertidur. 

6. Partikel cipratan bersin bisa berpindah dalam jarak yang jauh

Jangan remehkan seseorang yang bersin, meskipun berada dalam jarak yang cukup jauh dengan Anda. Sebab partikel cipratan bersin yang dikeluarkan bisa “terbang” hingga lima langkah kaki bahkan lebih.

Menurut Dr. Marjorie L. Slankard, MD, seorang dokter sekaligus direktur alergi klinik di Columbia New York Presbyterian Medical Center, ini disebabkan oleh reaksi bersin yang cukup kuat serta ukuran partikel cipratan yang cukup kecil, sehingga bisa menempuh jarak yang cukup jauh.

Maka itu, penting untuk menutup hidung dan mulut Anda ketika hendak bersin agar mencegah penyebaran virus. 

7. Sering bersin beberapa kali berturut-turut? Ini alasannya

Salah satu fakta bersin yang mungkin sering Anda temui yakni bersin bisa terjadi lebih dari sekali dalam satu waktu, bahkan hingga tiga atau empat kali. Bagaimana bisa? Hal ini sebenarnya berkaitan dengan apa yang menjadi pemicu munculnya bersin.

Bersin adalah respon tubuh yang bertujuan mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam hidung, maka mungkin diperlukan beberapa kali supaya rongga hidung bisa bersih dari benda asing yang menempel.[hellosehat]
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad