Benarkah Duduk Menyilangkan Kaki Berbahaya? Ini Penjelasan Ilmiahnya - sibaim

Hot

Post Top Ad

Selasa, 19 Juni 2018

Benarkah Duduk Menyilangkan Kaki Berbahaya? Ini Penjelasan Ilmiahnya


Meski dianggap sebagai postur yang menampilkan kesan elegan, posisi duduk menyilangkan kaki ternyata tidak baik buat tubuh.

Seringkali, tanpa sadar saat duduk kita menyilangkan kaki. Entah itu di kantor atau saat berkumpul bersama teman.

Ketika menyilangkan kaki, Anda mencoba memperbaiki mekanika punggung bawah dan melepas beban. Dengan kata lain, Anda mencoba mengurangi ketidaknyamanan dalam semua bentuknya, seperti dilansir MSN.

Ahli postur Dr. Steven Weiniger, penulis Stand Taller Live Longer: An Anti-Aging Strategy, memecah ketidaknyamanan menjadi dua kategori besar, kelas rendah (kaki Anda tertidur) dan bermutu tinggi.

Bergeser ke posisi bersila adalah pikiran Anda secara tidak sadar mencegah tubuh Anda berakhir dengan ketidaknyamanan tingkat tinggi.  Namun, lebih dari sekadar meningkatkan kenyamanan, menyilangkan kaki Anda adalah perilaku yang dipelajari — terutama di sisi mana Anda melakukannya.

Sebagaimana sebuah penelitian dalam Journal of Physical Therapy Science terungkap, orang-orang yang menyilangkan kaki kanan mereka di sebelah kiri ternyata lebih tinggi dari sebaliknya.  Itu bukan hanya tentang pinggul saja, melainkan tentang sistem otot seluruh tubuh.

Pada saat yang sama, secara sadar menyilangkan kaki Anda bisa menjadi kekuatan total bergerak. Menurut penelitian dalam Pemantauan Tekanan Darah, secara teratur mengasumsikan posisi kaki disilangkan bisa menyebabkan tingkat tekanan darah meningkat hingga lebih dari 6 persen.

Ini juga mengerikan untuk postur Anda. Menyilangkan kaki Anda memberikan tekanan yang tidak semestinya pada saraf peroneal Anda atau bagian dari sistem saraf Anda yang bertanggung jawab atas sensasi dari lutut ke bawah dan juga bisa meregangkan piriformis And atau otot yang membantu pinggul Anda berputar.

Weiniger merekomendasikan untuk hanya memperhatikan berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk duduk bersila.

Dengan kata lain, jika Anda mengatur timer untuk melepaskan kaki Anda setiap sepuluh menit, tetapi Anda merasakan ketidaknyamanan tingkat rendah pada tanda delapan menit, jangan ragu untuk menggeser kaki Anda.(jpnn).
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad