Agar Hidup Tenang, Lepaskan 6 Tipe Teman Seperti Ini - sibaim

Hot

Post Top Ad

Senin, 15 Januari 2018

Agar Hidup Tenang, Lepaskan 6 Tipe Teman Seperti Ini


Seiring bertambahnya umur, penting bagi kita untuk dikelilingi orang-orang yang baik dan bisa membawa kita ke arah yang lebih positif. Lebih baik memiliki teman sedikit tetapi yang benar-benar bisa diandalkan dalam suka dan duka.

Berbeda dengan masa remaja, di usia dewasa kita tidak punya cukup waktu untuk berurusan dengan orang-orang yang "hobi" drama.

Nah, sekarang coba perhatikan apakah teman-teman di sekitar Kamu lebih banyak membawa manfaat atau keburukan. Agar hidup kita tenang, setidaknya kita perlu menjauhi 6 jenis teman dengan sifat seperti ini:

1. Pencemburu

Menjadi orang yang pencemburu tidak hanya buruk bagi yang pribadi sendiri, tapi juga lingkungan sekitarnya. Sifat cemburu mencerminkan kepercayaan diri yang rendah. Terkadang, mereka juga membuat kita merasa buruk akan pencapaian kita sendiri. Seorang teman seharusnya membantu kita untuk meraih keinginan dan ikut bangga saat kita mencapai hal yang diinginkan.

2. Sering berpikiran negatif
Pikiran negatif bisa menular dan semakin kita berada di dalamnya, maka kita akan mulai meniru sikap tersebut tanpa menyadarinya. Dalam berteman, lebih baik kita bersama dengan mereka yang bisa memiliki pikiran positif dalam sebuah "kemalangan". Pahami perbedaan dari sifat realistis dan pesimis.

3. Terlalu bergantung

Mereka tidak tahu apa yang menjadi prioritas dalam hidupnya dan kadang malah bergantung pada kita untuk membantu mereka keluar dari situasi kacau tersebut. Meskipun mereka memiliki hati yang baik, tapi kita tak bisa selamanya bersama mereka, dan itu juga bukan tanggung jawab Anda. Jika mereka sudah memberi dampak buruk, misalnya dari segi finansial atau waktu, lebih baik pikirkan ulang untuk masih berkarib dengan mereka.

4. "Drama Queen"

Drama memang kadang mengasyikan untuk disaksikan atau ditonton, tapi melelahkan jika terjadi pada diri kita. Dengan kesibukan kita sehari-hari, sudah tidak ada lagi waktu untuk meladeni drama-drama pertemanan seperti yang mungkin pernah terjadi pada masa sekolah. Coba lah perlahan berpisah dengan temanmu yang seorang "drama queen" itu, meskipun mungkin berat untuk ketinggalan "gosip".

5. Mereka yang doyan menghakimi

Pahami bahwa kita menjalani hidup saat ini sebagai pilihan kita sendiri. Teman yang suportif akan selalu mendukung apapun pilihan kita. Akan menyebalkan jika ada teman yang justru sering menghakimi dan mengkiritik saat kita menetapkan pilihan. Cari tahu apakah mereka memang tulus atau hanya ingin membuat diri mereka lebih baik di atas hidup Anda.

6. Teman yang suka menindas

Mungkin hal ini lucu jika terjadi di masa sekolah. Tapi akan sangat mengganggu jika mereka masih melakukannya saat tumbuh dewasa. Bergaul dengan teman yang suka menindas hanya akan membuat orang lain memandangmu memiliki sifat yang sama. Meskipun tidak, setidaknya orang lain akan menganggapmu mendukung sifat-sifat temanmu itu. Dan hal ini berdampak pada penilaian orang terhadapmu. (kompas.com)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad